SUGENG RAWUH DATENG WEBSITE DESA TAWUN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI

Artikel

Rangkaian Kegiatan Keduk Beji "Ritual Keduk Beji"

06 September 2022 18:22:05  Administrator  323 Kali Dibaca  Berita Desa

Tawun.desa.id - Keduk Beji merupakan ritual adat tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Tawun. Jika pada umumnya di desa lain kegiatan ini disebut dengan kegiatan nyadran. Lokasi keduk beji berada tepat di sendang beji yang berada di dalam Taman Wisata Tawun. Pelaksanaannya selalu jatuh pada hari Selasa Kliwon, karena memang memakai tatanan hitungan jawa.

Ada yang sedikit berbeda dengan upacara adat keduk beji tahun ini. Yaitu dilaksanakan dua kali dalam satu tahun mahesi, namun jika dalam hitungan tahun jawa sudah berbeda tahun. Bulan Februari 2022 lalu upacara adat ini sudah dilaksanakan, sebagai imbas tertundanya kegiatan ini karena pandemi covid-19 pada saat itu. Kegiatan yang seharusnya dilaksanakan pada bulan Agustus 2021, akhirnya dilaksanakan pada tahun berikutnya. Sehingga tak heran jika orang awam menyebut upacara adat keduk beji tahun ini dilaksankan dua kali, Februari 20222 dan hari ini (06 September 2022).

Gunungan yang berisi makanan dari masyarakat desa Tawun

Kegiatan yang diawali dengan acara pembuatan gunungan dan adus sendang beji ini, puncaknya adalah hari ini. Masyarakat desa Tawun bergotong royong membersihkan sendang. Tak hanya sekedar membersihkan sendang biasa, tapi dirangkai dengan beberapa adat dan ritual khusus. Di antaranya tari kecetan, juru silem membenamkan kendi di dasar sendang, penyembelihan dan pemanggangan kambing, larung sesaji dan diakhiri dengan rebutan gunungan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Menu Kategori

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Pemandian Tawun
Desa : Tawun
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desatawun@gmail.com