SUGENG RAWUH DATENG WEBSITE DESA TAWUN KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI

Artikel

Rangkaian Kegiatan Keduk Beji "Adus Sendang Beji"

06 September 2022 07:43:25  Administrator  395 Kali Dibaca  Berita Desa

Tawun.desa.id - Setelah sebelumnya membuat gunungan pada pagi hari Senin, 5 September 2022 di lokasi upacara adat Keduk Beji Tawun, ritual selanjutnya adalah Adus Sendang Beji (mandi sendang beji). Pada sore hari sekira pukul 15.00 WIB, didampingi juru silem (juru selam), kepala desa Tawun mengawali ritual mandi di sendang atau sumber mata air beji. Setelah kepala desa Tawun selesai melakukan ritual mandi sendang, ritual ini dilanjutkan oleh masyarakat desa Tawun. Mandi sendang ini diyakini untuk membuang sial dan dipercaya membuat awet muda.

Konon katanya, sumber mata air beji ini berhubungan langsung dengan laut samudra hindia. Inilah yang menyebabkan air yang keluar dari sendang beji ini selalu hangat, meskipun cuaca sangat dingin. "Saat kita menyelam ke dalam air sendang, airnya akan terasa sangat hangat. Sehingga kita akan betah berlama-lama mandi di sumber beji ini" terang Supomo juru silem keduk beji Tawun.

Tua, muda, dewasa, maupun anak-anak melakukan ritual mandi sendang beji

Hal ini juga disampaikan oleh banyak masyarakat Tawun yang mandi di sendang beji, bahkan banyak dari masyarakat yang sengaja memilih waktu malam hari untuk mandi di sendang ini. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Menu Kategori

 Aparatur Desa

Back Next

 Statistik

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Pemandian Tawun
Desa : Tawun
Kecamatan : Kasreman
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63281
Telepon :
Email : desatawun@gmail.com